Minggu, 18 Juli 2010

Belajar dari Kritik dan Saran

Pernahkah anda dikritik, baik secara langsung maupun tidak langsung?? kalau pernah, mungkin artikel ini bisa bermanfaat buat teman-teman. Pada saat anda menerima kritikan atas apa yang anda lakukan dan kerjakan, mungkin akan ada beberapa perasaan yang muncul, seperti marah, emosi, sedih, kecewa atau juga bisa perasaan lain yang muncul, isalnya kemudian anda merasa patah semangat dan menjadi enggan untuk melanjutkan apa yang sudah anda kerjakan.
Saya sendiri dalam beberapa hari ini mengalami banyak kritik yang masuk terkait dengan aktivitas saya ngeblog ini. Awalnya saya merasa risih juga, cuma akhirnya setelah saya renungkan, ternyata memang kritik tersebut memang benar. Saya tidak menjadi patah semangat, tapi saya terima kritik dan saran yang masuk dengan lapang dada. Kritik dan saran yang masuk kemudian saya pahami dan saya gunakan untuk mengevaluasi apa yang sudah saya mulai kerjakan, dan akhirnya hal itu malah memacu saya untuk menjadi semakin baik.
Berdasarkan pengalaman saya itu, saya kemudian menyimpulkan beberapa langkah yang harus diambil hal terkait dengan kritik dan saran yang kita terima pada saat kita mengerjakan suatu hal. Simaklah langkah-langkah berikut :

  • Terima kritik dan saran yang masuk dan jangan buru-buru memberikan komentar.
  • Pahami saja bahwa kritik dan saran yang masuk adalah hal yang baik yang bisa anda gunakan sebagai hal positif untuk membangun diri anda sendiri.
  • Pelajarilah setiap kritik dan saran yang masuk. Untuk lebih memudahkan anda, anda bisa mencari informasi lain lewat internet maupun bertanya kepada orang yang anda anggap mengerti mengenai hal tersebut.
  • Gunakan kritikan dan saran yang masuk serta informasi yang anda terima untuk mengevaluasi pekerjaan yang sedang anda lakukan.
  • Dari hasil evaluasi itu anda bisa lanjutkan pekerjaan anda. Tentu saja dengan cara yang sudah anda evaluasi.
  • Poin terpenting adalah bahwa pada saat anda menerima kritik dan saran itu berarti bahwa pekerjaan yang sedang anda lakukan sedang diperhatikan dan dicermati oleh orang lain. Dan lagi, jangan membalas kritik dari orang lain dengan hal-hal yang akan merugikan anda di kemudian hati.
So….teman-teman, gunakanlah kritikan dan saran yang masuk sebagai hal positif untuk membuat anda menjadi semakin baik lagi. Jangan patah semangat. Lewat artikel ini saya mau mengucapkan terima kasih atas kiritikan dan saran yang sudah saya terima. Bravo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar